Cara Membuat Tepung Singkong (kassava)

Advertisemen

    Singkong (kassava) merupakan umbi-umbian yang banyak tumbuh di Indonesia. Selain dikonsumsi dalam bentuk segar, singkong dapat diolah menjadi tepung singkong. Tepung singkong (kasava) merupakan perbaikan dari tepung gaplek, dengan ciri warnanya lebih putih, aroma dan tekstur lebih putih. Tepung singkong dapat dimanfaatkan sebagai bahan substitusi terigu dalam pembuatan aneka kue, roti, mie, biskuit dan makanan olahan lainnya. Proses pembuatan tepung singkong relatif sederhana dan murah. Pada beberapa proses, dilakukan proses fermentasi menggunakan ragi untuk memperbaiki tekstur dan menghilangkan aroma ubi kayu yang tidak disukai. Produk hasil fermentasi ini biasa disebut Mocal / Mocaf (Modified Cassava Flour). 

Harga tepung kassava per kilogram Rp. 6.000,- dan harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Proses pembuatan Singkong Kasava sebagai berikut :
Singkong segar di bersihkan, dikupas kupas, dicuci, direndam, disawut/ diparut, dipres, dikeringkan, ditepungkan jadilah tepung Kasava.

 Setelah Tepung Kasava Jadi bisa di buat berbagai kue – kue diantaranya Kue Lapis Hitam Manis Tepung KasavaUntuk: 25 potong 1buah: 94 kaloriBahan Adonan A: § 100 gr tepung kasava§10 btr kuning telur §1 kaleng susu kental manis2 kaleng air panasBahan Adonan B : §10 btr putih telur §150 gr gula pasir 50 gr coklat bubuk Cara membuat :Adonan A:1. Kocok lepas kuning telur dengan susu2. Tambahkan tepung kasava, aduk sampai tercampur merata3. Tambahkan 2 kaleng susu air panas, aduk sampai tercampur merata Adonan B :1. Tambahkan gula pasir ke dalam putih telur2. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku3. Tambahkan coklat bubuk, aduk dengan mixer kecepatan rendah4. Siapkan loyang ukuran 20x20x5 cm5. Alasi loyang dengan kertas minyak6. Panaskan dandang7. Tuang adonan B selapis ke dalam loyang, kukus sampai matang8. Tuang adonan A selapis di atas adonan A, kukus sampai matang9. Tuang adonan A dan B berselang seling sampai adonan habis10. §Dinginkan, potong potong dan hidangkan.    Rol Tart KasavaUntuk: 15 potong 1 potong: 190 kaloriBahan : §75 gr tepung kasava §75 gr tepung terigu §150 gr gula halus §150 gr mentega §2 butir telur 6 butir telur

Cara Membuat :
1. Panaskan mentega hingga mencair dan biarkan menjadi dingin kembali
2. Ukur volume telur kocok secara cermat, karena volume yang diperlukan adalah tepat 400 cc (ml)
3. Masukkan gula halus, telur, kuning telur, garam, vanili, baking powder, dan ovalet/TBM ke dalam wadah pengadukan. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan membentuk adonan lumer.
4. Kurangi kecepatan mixer, masukkan tepung kasava dan tepung terigu secara bergantian sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Selanjutnya masukkan pula 125 cc (ml) mentega cair dengan cara yang sama. Pengocokan diteruskan hingga menjadi adonan yang tercampur rata (homogen).
5. Lapisi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan mentega serta taburi tepung tipis-tipis hingga merata.
6. Bagi adonan menjadi dua sama rata, kemudian masing-masing bagian adonan dituang ke dalam loyang, dan masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga matang.
7. Angkat loyang berikut isinya, diamkan beberapa saat hingga agak dingin dan kuat (tidak hancur sewaktu digulung)
8. Oleskan selai atau cream (sesuai selera) pada bagian permukaan roti dan gulung pelan-pelan sambil sedikit ditekan agar tidak lepas kembali. Gunakan kertas roti yang tadinya berada di dasar cetakan sebagai pegangan, sambil sedikit demi sedikit dilepaskan. Jika menginginkan, dapat ditambahkan potongan bolu dengan warna yang berbeda pada bagian tengahnya, dan kemudian lembaran bolu digulung.(Saeful Hodijah, S.ST  Penyuluh  Pertanian) 
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments