REVOLUSI GANDUM

Advertisemen
Jatuhnya Harga Beras di Pasar Internasional

                Indonesia merupakan negara agraris terbesar di dunia, yang mayoritas pekerjaan yang dilakukan masyarakatnya adalah bertani. Ini dibuktikan dengan banyaknya lahan- lahan yang terbentang dari ujung Pulau Sabang sampai ujung Merauke digunakan untuk keperluan bercocok tanam. Dengan potensi yang sangat besar inilah Indonesia diakui agrarismenya oleh negara- negara lainnya. Bahkan, sampai para penjajah dari belahan dunia lainnya seperti Eropa, jauh- jauh datang ke Indonesia hanya untuk mengambil hasil cocok tanam negara Indonesia yang terkenal kualitasnya.
                Masyarakat di negara Indonesia mempunyai makanan pokok yang sebagian besar mengkonsumis beras. Beras merupakan hasil olahan tanaman padi yang telah dipanen dan digiling untuk dipisahkan dari kulitnya. Sehingga setelah bersih akan terlihat bijih beras yang putih. Sebelum dapat dikonsumsi, beras masih memerlukan beberapa step pengolahan sehingga benar- benar dapat dimakan. Beras dibersihkan dengan air untuk menghilangkan bubuk pada beras, dan setelah itu diberi aitr untuk dinanak menjadi nasi.
                Bagi warga negara Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak ada duanya. Dan beras merupakan bahan utama untuk membuat nasi. Karenanya, setiap individu dari masyarakat Indonesia harus mempunyai cadangan beras yang cukup untuk kelangsungan kehidupanya. Bahwa kita ketahui pula makanan pokok adalah salah satu sumber kehidupan, apabila sumber kehidupan tersebut tidak terpenuhi maka kehidupan pun akan semakin terancam. Dari individu- individu yang semakin banyak terancam, maka akan meninggkat menjadi golongan yang jadi terancam. Dari golongan yang terancam semakin banyak, maka masyarakat menjadi terancam. Dari beberapa masyarakat yang semakin banyak yang terancam, maka sebuah bangsa menjadi terancam. Dan dari bangsa yang semakin banyak yang terancam, maka yang paling besar adalah kelangsungan ras yang semakin terancam.
                Salah satu hal yang mempengaruhi hal tersebut adalah dalam industri ekonomi. Yang lebih merucut kedalam sektor pangan karena keterkaitanya dengan negara Indonesia yang agraris. Namun, dalam realitanya walaupun Indonesia dicap sebagai negara agraris, namun faktanya dalam makanan pokok negaranya sendiri, Indonesia masih kalah produksinya dengan negara lainnya yang bukan agraris. Dalam kurun waktu terakhir, hitungan impor bahan makanan pokok Indonesia lebih besar dari pada ekspornya, ini sangat membuktikan rendahnya produktifitas bahan makanan pokok Indonesia.
                Kita lihat beberapa negara Asia dan Asia Tenggara khususnya, mereka walaupun bukan sebagai negara agraris namun juga masih dapat mencukupi persediaan kebutuhan makanan pokok negaranya, yang mayoritas juga beras. Bahkan negara yang tak punya lahan cukup untuk bertani pun bisa mengekspor bahan makanan pokok produksinya ke negara lainnya.
                Akhir- akhir ini kita alami jatuhnya harga beras dipasar Internasional. Dalam beberapa literatur, jatuhnya harga beras ini disebabkan karena dikhawatirkan karena negara Indonesia tidak akan mengimpor beras lagi, dan bahkan negara Indonesia akan mengekspor beras dalam jumlah yang lebih besar dari sebelumnya. Mentri Perekonomian Bayu Krisnamurti, menekankan bahwa colume ekspor beras jenis premium sebesar 100.000 ton. Namun dirasa jumlah ini masih terlalu sedikit dan dirasa tidak akan mengganggu harga beras di pasaran internasional.
Selain jatuhnya harga ini disebabkan hal diatas tadi, juga salah satunya ada hal menurut penulis menjadi pemicunya. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum menyadari hal ini, namun penulis rasa faktor ini juga sangatlah berpengaruh. Hal yang dimaksud adalah universalisasi gandum.
                Akhir dekade ini gandum mulai dikenal baik sebagai bahan makan ringan. Tetapi tidak terasa bahwa gandum sedikit demi sedikit menggeser bahan makanan pokok yang ada selama ini. Dilihat dari segi kebutuhan masyarakat, dahulu warga mengkonsumsi roti tidak akan merasa kenyang sebelum mereka menelan nasi, namun zaman sekarang mereka lebih memilih untuk memakan gandum demi mengefisienkan waktu yang digunakan, karena makan nasi memerlukan waktu yang lama. Jadi asumsinya kehidupan manusia mendatang adalah kehidupan manusia yang super sibuk. Dimana-mana manusia lebih mementingkan pekerjaanya dari pada hal- hal sepele yang lainnya. Kegiatanya yang sangat padat tidak boleh tertunda hanya karena makan yang membutuhkan waktu yang lama.
                Beras yang sebagian besar merupakan bahan makanan pokok- semakin lama akan semakin tergeser kedudukanya oleh gandum. Sebenarnya gandum bukanlah hal yang baru, masyarakat Eropa dan Timur Tengah sudah terbiasa mengkonsumsi gandum sebagai makanan pokok mereka.

                Harga beras dunia masih dapat distabilkan dengan adanya pengkondisian produksi beras oleh negara negara pengekspor beras sesuai dengan fluktuasi kebutuhan beras internasional.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments